Minggu, 15 Januari 2012

GP. ANSOR PACIRAN TAHLILAN MALAM TAHUN BARU 2012



Paciran (gp-ansor.org)- Gerakan Pemuda Ansor Anak Cabang Paciran Kab. Lamongan melewati malam pergantian tahun baru dengan menggelar tahlilan dalam rangka haul Gus Dur ke-2. Meski cuaca hujan deras tak menyurutkan niat para peserta mengikuti acara tersebut. “Kita ingin melewati malam pergantian tahun 2011 dengan kegiatan positif, tidak sekedar hura-hura.” Ujar Ahmad Farid, Ketua GP Ansor Ancab Paciran dalam sambutan pengantarnya.
Setelah tahlilan acara dilanjutkan makan bersama, para peserta menyantap nasi kuning yang disediakan oleh panitia. Mendekati detik-detik pergantian tahun personel Banser bersiap mengadakan patroli kamtibmas ke Terminal ASDP Paciran yang menjadi tempat konsentrasi massa yang merayakan pergantian tahun. Setelah mendapat briefing dari Kapolsek Paciran, AKP Guntar, patroli Banser bergegas menjalankan tugas meski cuaca masih hujan.
Melihat kedatangan patroli Banser, massa yang didominasi muda-mudi semburat melarikan diri. Rupanya mereka mengira patroli Banser adalah kelompok laskar yang sering anarkis dalam aksinya. Akhirnya setelah dilakukan langkah perdekatan secara persuasif mereka kembali ke lokasi semula. Personel Banser ikut mengamankan lokasi dan memberikan hiburan gratis kepada massa dengan melakukan atraksi menarik mobil pick-up dengan rambut dan gigi.
Seorang personel Banser dengan perawakan sedang mencoba menarik mobil dengan rambut panjangnya dilanjutkan dengan giginya. Diiringi pekikan shalawat Nabi roda mobil tersebut pelan-pelan bergerak maju menempuh jarak seratus meter. Massa kembali berkumpul menonton aksi Banser. “Kami salut dengan aksi Banser Paciran. Mereka tidak arogan, tapi mengedepankan langkah persuasif dan menghibur.” Ujar David, salah satu pemuda yang turut merayakan malam pergantian tahun 2011.
Pihak keamanan yang malam itu bersiaga juga turut terbantu dengan adanya patroli Banser. Tampak wajah para aparat keamanan yang berjaga sedikit santai, tidak tegang seperti tahun-tahun sebelumnya. Setelah jarum jam menunjukkan pukul satu dinihari personel Banser ditarik kembali ke posko. Perayaan malam pergantian tahun 2011 ke 2012 berlangsung dengan aman dan kondusif.(*)
Kontributor: Ahmad Farid

Tidak ada komentar:

Pengikut